Tips Fundamentalis bikin windows awet, lancar jaya dan langgeng

Assalamu'alaykum sobat dunia maya dan dunia nyata, akhirnya blog Rusun-Tech secara khusus hadir dengan sengaja di radar blogger sekalian. Setelah 3 tahun melalang buana di dunia informasi kelas ringan, akhirnya saya selaku petugas yang berwenang di Rusun Tech mendapatkan sesuatu yang tak kita dapatkan dari teori belaka, sesuatu yang hanya bisa didapat dari "learning by doing"; apa itu?
Yups "pengalaman!!!". Sistem Pendidikan sekarang lebih sering menekankan ilmu khayalan ketimbang terapan yang membuat di situ kadang ane merasa sedih gan.

Nah pengalaman ane di dalam dunia instal-menginstal windows membuat ane berfikir bahwa banyak hal di dunia ini yang kita harus berbagi agar hati lebih tentram dan jiwa lebih tenang :D. Bahkan ada yang gak tau mana windows xp, windows 7, windows 8; wahhhh -_-'.



Kalau begitu oke baiklah langsung saja kita pada tips jitu yang bisa kita lakukan pada windows; perlu diperhatikan bahwa ini hanyalah pendapat yang saya ramu dengan secetek ilmu komputansi yang saya miliki dan berdasarkan pengalaman selama 3 tahun terakhir, jadi mungkin saja berhasil atau bisa juga belum berhasil. check it out.





  1. Jangan memasang windows yang terlalu jadhul...
Ini saya pikir sangat fundamentalis; maksud saya jadul di sini adalah windows xp. Secara faktual saat ini tipe hardware leppy maupun pc yang beredar di pasaran sudah rata-rata clock processor 1 ghz ke atas dan ram rata-rata 2 gb. ini sudah masuk minimum requirement untuk windows 7 ke atas. Kecuali leppy atau pc agan dan aganwati sekalian merupakan pc penuh sejarah tahun 2008 ke bawah; yang mana ram masih 512 dan clock ada yang cuma 800 Mhz nah di situ terkadang saya gak punya pilihan lain :D. Percayalah sob ketika spesifikasi hardware perabot agan sekalian memenuhi requirement minimum tapi agan masih mau masang windows xp dengan alasan "ringan" serasa "terbang di atas awan'' itu mungkin saja; secara faktual windows xp hanya membutuhkan 128-256 mb ram untuk beroperasi, hal itu yang membuat leppy dengan speks ram 1 gb lebih "terlihat" bernafas lebih lega. saya sudah mencobanya tapi cukup 1 hari untuk saya kembali lagi ke windows 8. Kenapa? karena level ketua-an windows xp sudah tak bisa di toleransi lagi dengan pesatnya perkembangan software dan hardware masa kini. Alhasil banyak sekali problematika ketika agan ingin memasang hardware atau software baru.
Apalagi sekarang sudah ada Windows 10 😁. Saatnya kita berubah!
2. Jangan memasang aplikasi yang tidak akan digunakan, ini jelas karena hanya akan menambah beban start app dan hardisk laptop anda 😁
3. Selalu update antivirus anda.
Hal ini penting sekali agar Windows senantiasa terjaga dari serangan virus yang tak bertanggung jawab 😁. Antivirus kesukaan saya adalah Microsoft security essentials /Windows defender. Ini karena performa yang bagus dan ringan untuk netbook sekalipun serta ampuh untuk membasmi virus jahat. Cara updatenya pun cukup gampang.
4. Terakhir, jangan lupa bersihkan cache yang tak terpakai agar tidak menjadi beban pikiran laptop anda. Hal ini juga menjaga agar laptop anda terhindar dari penyakit lemots. Cara gampang, gunakan aplikasi seperti CCleaner. Kita dengan mudah bisa membersihkan kotoran sistem dengan menekan tombol "clean".


sekian tips dari ane 😁
CMIIW
semoga bermanfaat